MenuMenu Cart
Your shopping cart is empty!

 

Ada beberapa jenis kertas yang biasa dikenal dalam dunia cetak paperbag, Apa saja jenis kertas paperbag ? berikut ini kami sudah rangkumkan jenis-jenis kertas bahan dasar pembuatan tas kertas/paperbag yang kami produksi.

 

 

1. Kertas Artcarton

 

 

Karakteristik art carton sangat mirip dengan art paper yaitu mengkilap di kedua sisinya.

Yang membedakannya hanya gramaturnya saja, art carton lebih tebal daripada art paper. Adalah mulai dari 190, 210, 230, 310, 360 serta 400 gram.

Kertas ini juga bisa ditambahkan lapisan laminasi doff, glossy ataupun UV. 

Art carton umumnya dipergunakan untuk cetak offset sebagai bahan cetak paperbag, cetak brosur, cover majalah, kalender meja, kartu nama, company profil, katalog, bahan dasar giftbox serta lain-lain

2. Kertas Fancy 

Terdapat dua jenis kertas Fancy, yaitu Fancy paper dan Fancy Carton.

Kertas fancy dalam dunia percetakan merupakan jenis kertas yang memiliki tekstur sehingga memberikan akan kesan elegan dan juga ekslusif. Namun kertas ini harganya cukup tinggi, sehingga tidak terlalu diminati oleh pelanggan. 

Karenanya, kertas ini sangat cocok bila digunakan sebagai bahan dasar paperbag yg ditujukan untuk kelas premium untuk membranding produk agar kelihatan lebih mahal .

Kertas fancy juga mempunyai banyak jenis yang masing-masing mempunyai tekstur dan model yang berbeda. Ada beberapa jenis fancy yang beredar, misalnya:

  1. Jenis Hammer.
  2. Jenis Tulive.
  3. Jenis Concord.

Gramatur (berat) dari jenis ini sangat bervariatif, mulai dari 80, 100, 220 serta 300 gram. Ada beragam warna dan juga karakteristik yang bisa Anda pilih

3.KertasBC (Brief Card)

Banyak orang yang menamai kertas Brief Card (BC) sebagai kertas Manila.

BC mempunyai banyak warna pilihan atau setidaknya 5 warna populer yang bisa didapatkan (merah, biru, kuning, hijau, putih).

Awalnya, jenis kertas ini umum digunakan sebagai kertas cetakan di sekolah-sekolah atau kantor-kantor pemerintahan dan swasta.

Namun, saat ini kertas BC malah banyak digunakan sebagai bahan undangan, kartu stok perusahaan, kartu absensi, serta kartu bayaran rumah sakit atau sekolah.

Gramaturnya mulai dari 160 gr, 220 gr, 250 gr. BC sering digunakan untuk bahan dasar paperbag untuk memperoleh warna yg lebih beragam 

4. Kertas BW

Kertas Blues White (BW) mempunyai kemiripan tekstur dengan kertas BC. Bahkan ketebalannya juga sama.

BW bersifat uncoated, biasanya digunakan untuk stofmap, kartu nama, sertifikat atau yang lainnya. Bahkan, BW import malah sangat bagus digunakan untuk bahan dasar Box supaya terlihat elegant

Kertas Blues White terdapat beragam pilihan warna dan mempunyai gramasi populer antara 220 hingga 250 gram.

5. Jasmine

Kertas jenis ini lebih banyak digunakan pada bahan dasar Box dan gift box untuk memperoleh hasil yang lebih premium. harganya juga hampir sama dengan kertas fancy.

Bila Anda melihat jenis kertas yang ada gliter-gliternya, itu adalah kertas Jasmine. Itulah ciri dan karakteristiknya.

Jenis kertas yang satu ini memiliki gramatur tebal dan tipis dan termasuk dalam kategori kertas mahal karena teksturnya yang membuatnya terlihat mewah.

Namun sayangnya kertas Jasmine sangat sulit jika dicetak menggunakan mesin offset, sebab warna yang dihasilkan akan terlihat memudar dan pucat.

Nah untuk menyiasatinya, saat proses cetak berlangsung, warna tinta harus dibuat over atau sedikit dipaksakan guna mendapatkan hasil gambar yang lebih nyata.

Bahkan akan lebih baik jika setelah pencetakan dilakukan, tambahkan emboss debos, atau poly pada beberapa tulisan untuk memberi kesan elegan.

Oleh sebab itu, Jasmine sangat direkomendasikan sebagai bahan khusus untuk membuat box premium.

6. Kertas Ivory

Hampir sebagian besar bahan dasar Box dan gift box menggunakan bahan ini. Bahan ini paling banyak digunakan untuk pembungkus box premium yang harganya masih terjangkau. Bahan ini lebih tahan terhadap air dan permukaannya mengkilap sehingga tidak perlu di laminating lagi. 

Merupakan jenis kertas dengan ciri yang hampir sama seperti art carton. Yang membedakannya adalah pada permukaan ivory hanya ada 1 sisi yang mengkilap dan sisi lainnya doff.

Karakteristik kertas ini merupakan kombinasi antara art carton dan matt paper.

Kertas ivory kerap digunakan sebagai packaging dalam bentuk box.

Fungsi lain kertas ivory untuk membuat box dengan design full colour karena warna yang dihasilkan bisa maksimal dan paling mendekati warna design.

Jenis kertas ini jauh lebih baik kualitasnya jika dibandingkan dengan kertas duplex. Selain lebih kuat, kertas ivory mampu memberikan kesan mewah dan elegan.

Kertas ivory disediakan dalam berbagai ukuran gramasi, dari mulai 210, 230, 250, hingga 400 gram.

7. Samson

kertas samson

Kertas Samson

Kertas Samson merupakan kertas hasil dari daur ulang modern yang umumnya berwarna coklat dengan permukaan licin.

Ada 2 warna dasar kertas samson, yaitu coklat tua dan muda.

Gramatur yang paling umum digunakan adalah 70 dan 80 gram, biasanya kertas ini digunakan sebagai bahan packing/pembungkus, tas kertas/ paperbag, hang tag, sampul buku atau kado. Karena punya kesan klasik, kertas ini sering digunakan untuk paper bag sehingga terlihat lebih menarik. Namun kertas samson memiliki kelemahan yakni tipis dan tidak tahan air, percikan air sedikit saja dapat merusak jenis paperbag yg terbuat dari kertas ini. Bekas nya pun sulit dihilangkan. Gramasi kertas yang tipis membuat kertas ini mudah robek dan tidak dapat digunakan untuk paperbag yang membawa barang yg berat. Berat maksimal 500gram untuk bobot yang mampu di bawa menggunakan paperbag samson.

8. Kraft

 

Kertas kraft adalah jenis kertas yang paling banyak digunakan untuk membuat paperbag karena harganya yang murah. Paperbag yang terbuat dari bahan kraft memiliki kesan klasik namun lebih kuat daripada samson.

Kertas kraft memiliki 2 pilihan warna, yaitu Coklat dan Putih, warna coklat pada kertas kraft agak berbintik, namun untuk warna putih tidak memiliki bintik, kraft juga tidak terlalu tahan air

.

Kertas Kraft putih memiliki kemiripan dengan artcarton, namun kertas kraft tidak licin permukaannya dan tidak di laminating. Harga kertas kraft coklat dan putih juga tidak berbeda jauh. Namun Kertas kraft lebih tinggi harganya daripada Kertas Samson.  Kertas kraft memiliki berbagai gramasi, yakni 120gr (kraft putih ) ,150gr, 200gr, dan 275gr . Kertas kraft seringkali disamakan dengan kertas daur ulang yang memiliki warna yang hampir sama, namun secara kualitas kedua kertas ini mempunyai perbedaan yang cukup jauh. Kertas ini agak jarang digunakan untuk keperluan lainnya selain paperbag karena teksturnya yang kasar dan warnanya yang khas

Agar lebih jelas mengenai jenis-jenis kertas yang anda ingin gunakan, anda dapat menghubungi customer service paperbagku untuk berkonsultasi. Kami mengerti anda seringkali membutuhkan bantuan dalam design, maka kami paperbagku dengan senang hati akan membantu anda gratis.

Selamat berbelanja !!

Customer Service

  • +62 811 2017 890
  • +62 811 2017 890

 

  • Jl. Jelambar Madya Barat I Blok A.24 no. 513d Jakarta-Barat 11460
  • info.paperbagku@gmail.com
Connect with Us
  • Instagram
Paperbagku.com | Custom Paper Bag Jakarta © 2022 | Made by Bukatoko®